Apa Itu SSL Certificate: Inilah Cara Kerja Dan Manfaatnya

Apa Itu SSL Certificate: Inilah Cara Kerja Dan Manfaatnya

Secure Sockets Layer (SSL) adalah salah satu indikator keamanan yang perlu ada dalam sebuah website.

Sebuah website mampu dikatakan aman terkecuali udah memiliki sertifikat SSL sehingga nantinya bakal berprotokol HTTPS (bukan HTTP).

Website yang aman mampu ringan diidentifikasi bersama dengan gambar gembok (biasanya warna hijau) di sebelah kiri URL.

Di artikel ini, kamu bakal tahu seluk beluk SSL menjadi dari pengertian, cara kerja, fungsi, hingga jenis-jenisnya. Langsung simak!

Apa itu SSL Certificate?

SSL memiliki kepanjangan Secure Sockets Layer yang bermakna sertifikat keamanan yang perlu dimiliki sebuah website.

Fungsi utama SSL adalah mengamankan sistem transfer data yang terjadi terhadap sebuah website.

Jika sebuah website udah memiliki sertifikat keamanan, maka secara otomatis URL website selanjutnya bakal berubah dari HTTP jadi HTTPS.

Sebenarnya, SSL ini udah tidak digunakan dan sepenuhnya berubah ke Transport Layer Security (TLS).

Namun, sebab sebutan SSL ini udah jauh lebih familiar di kalangan publik maka senantiasa digunakan, tapi yang dimaksud sebenarnya adalah TLS.

Jadi, saat ada yang menyebut SSL/TLS itu maksudnya sama; yaitu sertifikat untuk keamanan website.

TLS sendiri memiliki manfaat yang sama, yaitu untuk mengamankan sistem transfer data terhadap sebuah website.

Hanya saja, TLS memiliki bermacam fitur lebih baik dan terkini sehingga tingkat keamanan sistem transfer data jadi lebih ketat.

Cara Kerja SSL

Bagaimana langkah kerja SSL/TLS untuk mengamankan information yang tengah ditransfer dalam sebuah website? Jawabannya bersama dengan enkripsi dan dekripsi data manfaatkan dua tipe kunci.

Kunci selanjutnya adalah private key dan public key.

Public key (pengacak): Kunci ini ada untuk menanggung keamanan seorang pengguna yang menghendaki bertukar segala tipe Info (username, password, kartu kredit, dll) bersama dengan website server. Kunci ini bertugas mengenkripsi (mengacak) Info sehingga tidak terbaca pc lain.

Private key (penyusun): Kunci yang dikendalikan dan disimpan pemilik website, sifatnya privat. Ini bakal bekerja di website server dan digunakan untuk mendekripsi (menyusun) Info yang pada mulanya udah dienkripsi (diacak) oleh public key.

Mengapa enkripsi dan dekripsi data penting? Tentu saja sehingga data pengunjung websitemu tidak mampu diretas oleh pihak ketiga (penyusup).

SSL benar-benar penting, khususnya untuk website toko online di mana banyak terjadi transaksi pertukaran Info perlu layaknya Info kartu kredit/debit, username, password, dan lainnya.

Manfaat SSL Certificate

Fungsi utama SSL untuk mengamankan website dari bermacam ancaman keamanan. Namun tak hanya itu, ada juga beberapa alasan lain mengapa kamu perlu manfaatkan SSL di website-mu.

1. Reputasi website yang lebih profesional

Dengan manfaatkan SSL/TLS, maka website kamu bakal terdaftar sebagai website yang aman, kredibel, dan jauh lebih profesional sehingga pengunjung lebih nyaman waktu bertransaksi.

Tanpa SSL/TLS, maka website kamu bakal dilabeli bersama dengan sinyal ‘Not Secure’ atau tidak aman.

Bahkan belakangan ini, browser besar layaknya Chrome dan Firefox udah melarang penggunanya untuk berkunjung ke website yang masih manfaatkan HTTP atau tidak memiliki sertifikat SSL.

2. Aman dari pencurian data

SSL/TLS memiliki peran besar untuk menjaga websitemu dan pengunjungnya dari tindakan pencurian data.

Proses bantuan ini dijalankan bersama dengan metode end-to-end encryption atau pengacakan data yang bersifat sensitif.

Dengan demikian, cuma pengirim dan penerima request yang mampu membaca Info tersebut.

Adanya ikon gembok dan URL bersama dengan HTTPS juga jadi penanda yang ringan dikenali, apalagi bagi orang awam yang tidak benar-benar melek teknologi.

3. Memaksimalkan SEO

Google sebagai mesin pencari pasti saja menekankan website yang aman untuk dihidangkan kepada pengguna.

Oleh sebab itu, Google bakal berikan peringkat lebih tinggi kepada website bersama dengan sertifikat keamanan untuk ditampilkan di hasil pencarian. Hal ini akan otomatis berpengaruh ke performa SEO sebuah website. 

Intinya, makin aman website kamu, Google bakal makin ringan memberimu peringkat tinggi.

4. Menghindari salah kirim data

SSL/TLS memiliki fitur authentication yang mampu menanggung Info yang diminta dari server bakal didapatkan oleh orang yang tepat.

Tujuan autentikasi adalah memperlihatkan bahwa pengunjungmu sebenarnya benar mengirimkan data Info pribadinya kepada pemilik website dan bukan hacker.

Jadi, sistem transfer Info bakal terlindungi dari pihak ketiga (hacker) yang menghendaki menginterupsi sistem transfer Info tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Penataan Denah Kos-kosan sesuai Jumlah Kamarnya

Hotel di Dekat MRT Changi Airport

Biaya Kambing Boer dan Manfaat Kambing Pedaging Ini - Banyumas 2